Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan

Visi dan Misi

VISI

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang berkualitas, kompetitif dan dapat menghasilkan tenaga kependidikan maupun teknisi dalam teknik bangunan yang siap bersaing dan berkembang, khususnya dalam bidang struktur dan gambar bangunan.

MISI

  1. Mempersiapkan mahasiswa sebagai tenaga kependidikan (guru) dan teknisi di bidang struktur dan gambar bangunan yang siap berkembang ke arah profesional, mempunyai daya saing, dan mempunyai sikap mandiri
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik bangunan, khususnya struktur dan gambar bangunan
  3. Melatih mahasiswa untuk mendapatkan nilai tambah dalam meningkatkan daya saing di dunia kerja, baik sebagai tenaga kependidikan maupun sebagai tenaga teknisi serta dapat berusaha secara mandiri dalam bidang struktur, konstruksi dan gambar bangunan
  4. Memperpendek jangka waktu studi dan meningkatkan kualitas lulusan serta mengusahakan lulusan supaya dapat memperoleh pekerjaan dalam waktu secepatnya.

Bulan-bulan ini adalah waktunya anak-anak muda lulusan SMU memilih jalan hidupnya (karir), mau langsung bekerja atau melanjutkan lagi sekolah di perguruan tinggi. Bagi yang mau melihat fakta, ketika mau bekerja tetapi hanya mengandalkan ijazah SMU, kecuali mau berwiraswasta, maka paling-paling hanya jadi office boy.

So ! Mikir seribu kali. :(

Jika punya tampang, bisa bernyanyi dengan baik, maka adanya fenomena idol tentu boleh menjadi alternatif jalan keluarnya. Bagi yang putri, jika sudah ada yang melamar, dan orangnya sudah mapan, bisa juga menjadi alternatif pilihan hidup yang menarik. Tetapi jika tidak, maka cita-cita melanjutkan lagi di perguruan tinggi merupakan suatu pilihan yang logis. Suatu keharusan !

Pikiran ada, motivasi ada, tetapi di jaman seperti sekarang ini dukungan finansial perlu dipertimbangkan dengan matang. Bagaimana tidak, jaman sekarang ini sekolah semakin mahal ! Apalagi jika pilihan sekolahnya jauh dari tempat tinggal sehingga perlu kost, sehingga perlu biaya hidup lagi. Padahal biaya sekolahnya sendiri nggak bisa dianggap enteng.

Tentang biaya mahal saat ini adalah fakta, tidak hanya sekolah (universitas) swasta saja seperti UPH yang apa-apa memang harus mandiri, tetapi juga biaya masuk dan sekolah di universitas negeri. Itu buktinya, ada ponakannya saya di Jogja yang keterima di ptn di surabaya (kedokteran), sudah setahun ini, itu uang masuknya saja ratusan juta, juga ponakan lain, yang keterima ptn di semarang (kedokteran juga), levelnya kesannya di bawah ptn yang di surabaya, juga perlu ratusan juta. Tapi eh, keterima juga di ptn jogja, kelas internasional (kedokteran juga), lebih hebat lagi, katanya biaya per semester puluhan juta. Kalah dah uph. :)

Fakta-fakta di atas dibanding jaman saya sekolah dulu, koq seperti bumi dan langit. Saya ingat jaman tahun 83-an, yaitu ketika sedang studi di jurusan teknik sipil FT-UGM, biaya per semesternya rp. 125 ribu, yang kedokteranpun rasanya juga tidak berbeda jauh.

Jika tarif dokter sekarang mahal padahal dulu biaya sekolahnya murah, maka bisa dibayangkan nanti bagaimana tarif dokter jaman nanti jika biaya sekolahnya mahal. Kata orang, sekolah itu khan investasi, jadi harus kembali modal dong. :)

Bisa-bisa nanti, karena biaya berobat mahal, maka bagi yang sakit keras lebih baik cepat-cepat dipanggil Tuhan lho, daripada membebani keluarga besarnya, sehingga duitnya pada habis, bisa-bisa anggota keluarga yang lain jadi sakit semua dan akhirnya karena tidak ada biaya untuk berobat maka pada meninggal semua. Gimana lho. :(

Kalau di luar negeri, biaya berobat mahal, tetapi ada asuransi yang diwajibkan pemerintah. Kayak di Jerman gitu. Kalau di sini, kalau tidak punya tabungan. Wah gimana gitu.

Jadi intinya, apapun bidang yang ingin ditekuni, perlu dipikirkan dengan baik-baik karena menyangkut biaya yang mahal. Jika itu trial-and-error, wah bisa ngabisin duit banyak lho.

Omong-omong tentang kesehatan, jadi ingat tentang profesi dokter lho. Heran, itu ponakan-ponakan saya, ketika akan melanjutkan studinya, sebagian besar yang punya potensi inginnya masuk jurusan kedokteran. Sedangkan yang pas-pasan, dari pada tidak, sama orangtuanya didorong-dorong masuk ekonomi. Lho :(

Kenapa nggak ada ya, yang punya cita-cita masuk jurusan teknik sipil ?

Banyak yang berpendapat, sekolahnya susah, gajinya kecil. Begitu ya ?

Apa benar seperti itu ya. Padahal kalau melihat fakta, bidang pekerjaan teknik sipil adalah sangat luas. Selama suatu negara ingin berkembang pasti perlu tenaga lulusan teknik sipil. Mulai dari pembangunan infrastruktur (jembatan, jalan, saluran irigasi, drainasi, dam, lapangan udara, pelabuhan), atau bangunan (gedung, pabrik, power-plant) dll pasti memerlukannya. Apalagi indonesia sebagai negara berkembang, yang mencakup beribu-ribu pulau dan sangat luas. Jadi mestinya negara ini masih memerlukan bidang profesi teknik sipil.

Bahkan di Amerika, asosiasi insinyur sipil-nya sampai membuat rencana kerja jangka panjang tentang pentingnya peranan mereka dalam mendukung kemajuan di negeri tersebut. Mau tahu ? Silahkan aja down-load visinya.

Tips- Tips perawatan laptop.

Sebagai aktifis intelektual,pekerja kantoran atau pelajar yang sering menggunakan laptop menjadikan laptop sebagai barang yang sangat berguna sekali dan menjadi suatu alat ketergantungandalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas, namun laptop juga alat yang rentan terhadap bahaya kerusakan akibat cara penggunaan yang salah. Berikut ini adalah tips-tips dalam penggunaan dan perawatan laptopagar tetap awet dan tidak bermasalah.
Antara lain sebagai berikut:
1. Letakan laptop pada tempat yang mempunyai permukaan datar atau rata,permukaan yang  tidak rata akanmengakibatkan posisi laptop miring dan saat menerima ketukan keyboard akan mengakibatkan goncangan padahardware didalamnya.Dan dampak dalam waktu lama akan membuat kerusakan.
2. Jauhkan dari air. biasanya sambil bekerja minum kopi atau minuman yang diletakan dimeja tempatmenaruh laptop, dampaknya pernah kejadian keyboard laptop tersiram kopi dan akibatnya fatal, terjadi konsletingdan harus ganti motherboard.
3. Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop dipangkuan, dalam waktu lama radiasi laptop akan mengganggu kesehatan reproduksiselain tidak ada kestabilan letak laptop itu sendiri akibat goncangan.
4. Laptop memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan saat membawanya atau bahkan pernah jatuh,akanberakibat pada kerusakan motherboad atau lcdnya sendiri.
5. Tas pelindung laptop dari bahan dasar gabus berbalut katun tipis yang halus bisa meredam panas saat dipakai kerja dalam waktu lama,daripadabersentuhan langsung pada meja.
6. Laptop
di Indonesia umumnya sudah 220 volt, tetapi untuk laptop keluaran Jepang atau ex Jepang masih 110 volt,sediakan adaptor penurun tegangan.
7. Belilah laptop di toko terdekat di daerah Anda, sehingga bila ada masalah atau kerusakan akan gampang dan cepat mengurusnya.karena itu simpan baik-baik kartu garansinya.
8. Untuk kecepatan akselerasi laptop Anda, Installah program sesuai kebutuhan saja, sehingga bisa bisa menghemat memori dan hardisk anda.
9. Bila laptop Anda selalu berhubungan dengan internet, Anti virus menjadi suatu keharusan mutlak dan harus diupdate.
10.Istall Program perawatan untuk systemnya seperti Easy cleaner dari Toniart yang gratis, untuk menghapus file-file sampah dan sisa-sisa registrasi saat meninstall program atau uninstall program.
Semoga tips-tips diatas bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>